10 Langkah Ngadepin Gosip

Pasang sennyummu kalau kamu mendengar gossip tentang dirimu, bagaimanapun seremnya gosip itu. Pertahankan senyummu sampai gossip itu berlalu.
Hadapi gossip dengan hati terbuka serta pikiran yang jernih. Jangan panic sebab gossip bukan makhluk asing yang menakutkan.
Control dirimu agar tidak membusungkan dada karena digosipkan. Seleb aja sebagian besar membusungkan dadanya jika dijadikan bahan gossip. Apalagi kamu …
Hentikan usahamu untuk mencari orang yang menjadi sumber gossip. Kamu tidak akan dapat menemukan dengan mudah. Ibaratnya kamu mencari jerami di tumpukan jerami.
Jangan berkampanye menentang gossip. Ingat kamu bukan politikus yang sedang merebutkan kedudukan. Lebih baik kamu simpan tenaga dan pikiranmu untuk hal-hal positif.
Berikan penjelasan yang gampang (jelas dan dimengerti) dan jujur di sekitar orang-orang lingkunganmu. Penjelasan itu berguna sebagai temeng ampuh melawan gossip. Sekaligus menunjukkan ketegaran dan kepribadianmu menghadapi gossip.
Diskusikan dengan sahabatmu. Saran-saran mereka patut kamu perhatikan. Juga mereka ikhlas kau jadikan tumpuhan kesalahanmu karena digosipkan.
Control lidahmu agar tidak membuat orang menyebarkan gossip baru. Kalau perlu bersumpahlah, seumur hidup kamu tidak akan gossip-gosipan.
Ingatlah, gossip akan sirna dengan berjalannya waktu. Pegang semboyan ini: “tiada hujan yang tak reda, tiada gossip yang tak sirna”. Catat di keningmu agar kamu tidak lupa selamanya.
Bisikan do’amu yang tulus kepadaNya (Allah SWT), kamu butuh bantuanNya untuk menghadapi gossip itu.

0 komentar:

Posting Komentar