Tips Menjaga Keamanan Data Ponsel

Kemajuan teknologi informasi membuat ponsel semakin beragam dan canggih. Lewat ponsel, kemu tidak Cuma bisa menelepon dan sms saja, tapi bisa juga dipakai buat mengakses internet, foto, merekam video, mengecak e-mail, bahkan chatting.
Di era serba canggih seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan untuk seluruh isi data yang ada di ponsel akan terkuak isinya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba kamu terapkan untuk menjaga keamanan data ponselmu, setidaknya untuk meminimalisirkan kemungkinan dicarinya data kamu.

Pastikan selalu mengecek status connectivitas ponsel, misalnya Bluetooth atau infra merah
Sebaiknya jangan dibiarkan fitur tersebut aktif karena kemungkinan orang lain masuk ke ponselmu. Pastikan konektivitasnya selalu dimatikan sebelum digunakan. Lalu bila ada permintaan untuk koneksi ke ponselmu dan kamu tidak tau siapa, tak ada salahnya kalau kamu me-rejecknya demi keamanan.
Memanfaatkan fitur leamanan yang ada di ponsel anda
Umunya ponsel dilengkapi dengan satu atau beberapa kode keamanan untuk melindunginya terhadap pengaruh pengguna yang tak berwenang. Kode ini
Biasa dikenal dengan PIN(personal identivication number) dan PUK(personal unblocking keys), yang ditujukan untuk melindungi karu SIM.
Kode PIN adalah kode yang paling umum digunakan. Kode PIN ini bisa juga diaktifkan atau dinonaktifkan.
Selain kode PIN ada juga dinamakan kode PIN2, yaitu kode PIN yang berfungsi sebagai pelindung lapis kedua untuk sejumlah fitur tertentu pada ponsel. Kode ini berfungsi sama seperti kode PIN.
Kalau sudah beberapa kali salah memasukkan kode PIN, biasanya ponsel akan meminta kode PUK , kode PUK adalah kode yang terdiri dari 8 digit yang disediakan oleh operator atau penyedia layanan ponsel.
Jangan sembarangan meminjamkan ponsel kepada orang lain
Teman terkadang bisa menjadi lawan, apalagi kalu teman itu punya niat jahat. Bisa jadi data penting, entah itu berupa foto atau video klip rahasia, disalin atau lalu disebarkan oleh teman itu.
Backup semua data penting yang ada di ponsel ke computer
Kalau takut data penting yang ada di ponsel terkuak isinya, backup saja data penting yang ada di ponsel ke computer.
Jangan lupa untuk mencabut memori eksternal ponsel seperti memory card (mmc) atau sd card, jika ponsel tersebut akan disservice
Seringkali sang pemilik ponsel lupa bahwa ada data rahasia di ponselnya, padahal ponsel tersebut akan menginap di tempat service. Iya kalau petugas servicenya tidak usil. Kalau ia iseng, bisa saja data rahasia disalin lalu dieksploitasi olehnya. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, sebaiknya cabut memori eksternal ponsel kamu sebelum masuk bengkel hp!
Sekedar informasi, teknologi kini telah mampu membaca ulang seluruh isi data yang pernah mampir di ponsel. Seperti pernah diberitakan sebelumnya, perusahaan Trush Digital yang berbasis Mc Lean, Virgina, Amerika Serikat (AS) berhasil memunculkan ulang isi data sms dan e-mail yang ada di ponsel. Sayangnya, pihak perusahaan enggan membeberkan software apa yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar