Windows Vista

Microsoft secara resmi sudah mengumumkan nama yang akan diberikan pada produk system operasi baru tersebut sebagai Windows Vista. Tetapi jalan masih panjang, karena saat ini kita yang kita lihat baru versi Beta 1.
Banyak pihak mempertanyakan mengapa software ini diberi nama Windows Vista. Karena sitilah vista sendiri sudah umum digunakan nama produk. Tetapi Microsoft menegaskan bahwa dalam penyebutannya tidak akan dipisahkan menjadi Vista saja, tetapi harus Windows Vista. Pesan dari kata Vista adalah bahwa versi Windows ini memungkinkan kamu melihat data sejelas mungkin.
Untuk server, Microsoft juga sudah memperkenalkan Windows Server Beta 1 yang masih menggunakan code name Longhom. Software saat ini tersedia bagi sejumlah kalangan seperti para pembuat server, OEM, developer, dan sebagainya. System operasi inirencananya akan dirilis pada tahun 2007.
Sekuriti dan tampilan.
Salah satu perbaikan yang cukup terasa pada Windows Vista adalh sisi sekuriti. Windows telah mengikuti langkah system operasi pesaingnya, Linux, dalam urusan ini. Pada versi baru ini, ada account bernama administrator yang memiliki kesktian tertinggi. Ketika bekerja sehari-hari, pengguna menggunakan account selain administrator.
Di sisi kejelasan memandang informasi, system operasi ini menampilkan panel Search yang dapat mencari file secara cepat berdasarkan pembuatnya, tanggal, kata kunci, tipe file, teks di dalamnya, dan masih banyak lagi. Microsoft bahkan memperkenalkan apa yang disebut folder virtual untuk mengelompokkan file-file yang memiliki kesamaan walaupun lokasi fisiknya berbeda-beda.
Kamu yang pernah melihat system operasi lain, ketika mencoba menggunakan Vista mungkin akan merasa dejayu. Tidak salah, kami juga merasakannya. Apple MacOS X Tiger, misalnya sudah menyertakan banyak efek visual 3D dan interface pencarian bernama Spotilight. Unix dan Linux sudah bertahun-tahun sudah mambatasi hak-hak pengguna biasa, dan menyediakan account Administrator yang memiliki hak penuh namun tidak untuk digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.
Notebook
Tidak hanya untuk PC desktop, Windows Vista juga menawarkan sejumlah kelebihan bagi pengguna notebook. Sebagai contoh, untuk pengguna notebook Windows Vista mempermudah koneksi ke proyektor melalui jaringan untuk menampilkan presentasi. Dengan fasilitas ini, kamu tidak perlu terhubung langsung ke sebuah proyrktor untuk melakukan presentasi, tetapi dapat memanfaatkan koneksi jaringan atau melalui PC terdekat yang terhubung ke proyektor.
Windows Vista bahkan memungkinkan notebook kamu mendeteksi PC atau proyektor terdekat dan membuat koneksi melalui jaringan. Baik jaringan kabel atau nirkabel. Prinsipnya hamper sama seperti ketika kamu mencetak melalui printer di jaringan atau melalui printer yang terhubung ke salah satu PC di jaringan kamu.
Mode sleep pada windows vista menggabungkan kecepatan mode standby dan proteksi data serta konsumsi daya yang rendah dari mode hibernate. Kodisi sleep memungkinkan pengguna mengganti batere tanpa beresiko kehilangan data karena memori data disimpan ke harddisk. Mode ini tidak hanya berlaku pada notebook, tetapi juga pada PC desktop, sehingga dapat membantu menghemat listrik dan mengurangi keharusan melakukan shutdown serta restart.
Bagaimana dengan perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan system operasi ini? Dalam fact sheet mengenai windows vista beta 1 microsoft menyebutkan bahwa persyaratan minimum untuk menjalankan windows vista masih belum dapat diketahui pasti. Tetapi sebagai perkiraan dibutuhkan computer dengan memori minimal 512MB, kartu grafis khusus yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor intel Pentium atau AMD generasi terbaru. Serta motherboard serta kompenen lain yang mendukung.
Sebagai informasi, yang dimaksud spesifikasi cukup tinggi di sini adalah computer yang memiliki kartu grafis dengan chip grafis terbaru dan memori grafis setidaknya 128MB. Memang sih kapasitas sebagus itu belum masik akal saat ini. Sebagian besar penggunanya saat ini adalah penggemar game atau pekerja grafis. Tetapi semester kedua tahun depan kartu grafis semacam ini mungkin sudah tersedia secara lebih murah. Untuk kamu yang malas berubah, windows vista masih menyediakan tampilan windows klasik sama seperti pada windows XP.
Di sisi reabilitas, Microsoft berharap bisa mengingatkan pengguna mengenai kemungkinan kerusakan pada harddisk drive 24 jam sebelum kerusakan terjadi. Sehingga pengguna dapat mem-backup data mereka. Kejadian negative seperti restart aplikasi, hang, crash, dan reboot system juga bisa diharapkan bisa berkurang. Untuk saat ini, saya belum bisa menceritakan lebih banyak mengenai hal ini, mari kita tunggu saja rilis beta berikutmya.

0 komentar:

Posting Komentar